Sabtu, 12 Mei 2012

Tentang Guru

1.      a)  Guru yang Baik

Guru yang baik memiliki minat yang besar terhadap mata pelajaran yang diajarkannya terhadap siswanya. Selain itu juga memiliki kecakapan untuk memperkirakan kepribadian dan suasana hati peserta didiknya secara cepat. Dalam mengajar seorang guru yang baik memiliki kesabaran, keakraban, dan sensitivitas yang diperlukan untuk menumbuhkan rasa semangat belajar siswanya. Selain itu juga, guru terbaik juga menikmati pekerjaannya, percaya pada apa yang mereka ajarkan, pekerja keras, menghabiskan banyak waktu untuk membuat perencanaan pembelajaran, menggunakan pola pengasuhan, peduli kepada kebutuhan siswa serta mengaktifkan semua siswa di dalam pembelajaran. Selanjutnya guru-guru ini mempunyai pandangan bahwa setiap pribadi siswa mempunyai potensi yang bisa dikembangkan dan tugas gurulah untuk membangkitkan potensi tersebut.
           b.)  Guru yang hebat
Guru yang hebat saat mengajar ucapan dan intonasinya jelas dan mudah dipahami oleh siswa, sehingga siswa langsung menyerap makna dari ucapan guru tanpa harus berpikir lama dan berputar-putar. Guru yang hebat juga memiliki keilmuan sangat dalam dan luas, selalu menyampaikan keilmuannya dengan lugas dan mudah diterima siswanya. Selain itu, Guru hebat bersahabat dengan siswanya sehingga terbangun kedekatan yang akan mempermudah berkomunikasi. Dalam mengajar menerapkan sisitem yang menyenangkan, dinamis, dan kreatif agar siswa tidak jenuh dalam belajar.
2.      Jika disuruh memilih saya ingin menjadi guru yang baik, karena :

Saya ingin selalu menjelaskan pada murid – murid saya sampai mereka paham, dan saya ingin menjadi guru yang bisa dibanggakan oleh murid-murid saya dengan kemampuan saya dalam mengajar mereka, selain itu saya juga ingin menjadi guru yang selalu menjadi inspirasi bagi murid-murid saya, agar mereka dapat berkembang dengan kemampuan yang mereka miliki.
3.      Guru bahasa indonesia di era globalisasi menurut saya harus lebih difasilitasi dengan media yang lebih maju lagi, agar siswa/peserta didiknya  tidak merasa jenuh dan bosan ketika sedang dalam proses belajar mengajar. Mereka akan lebih mengikuti atau menyukai apa yang kita ajarkan dan para peserta didik juga akan lebih kreatif.
4.      Menurut saya ada manfaatnya yaitu saya jadi mengetahui apa itu guru yang baik dan apa juga yang dimaksud dengan guru yang hebat. Dan apabila suatu hari nanti saya jadi guru, saya dapat menerapkan tentang guru baik dan guru hebat tersebut. Karena menjadi guru baik belum tentu bisa menjadi seorang  guru yang hebat dan begitupun sebaliknya, seorang guru yang hebat belum tentu bisa menjadi guru yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Photobucket